Kamera Kuno Nikon Terjual dengan Harga Fantastis

url img

Sebuah kamera Nikon One terjual seharga US$ 406 ribu atau sekitar Rp 5,5 miliar, dua kali lipat dari harga perkiraan, dalam sebuah lelang.

Kamera Nikon One ini adalah produksi ketiga dari perusahaan Nikon dan merupakan salah satu kamera tertua yang masih ada saat ini.
Nikon memulai bisnis sebagai sebuah perusahaan optik, Nippon Kogaku KK, pada 1917 dan membuat beberapa lensa, bahkan mengerjakan sebuah bodi Canon, pada 1930-an.

Pada 1948 merupakan tahun pertama Nikon membuat kamera sendiri, dimulai dengan One atau I, yang diproduksi kurang dari seribu unit.

Meskipun merupakan bagian yang menarik dari sejarah, kamera ini mungkin tidak akan melakukan banyak pemotretan. Alat ini menggunakan ukuran film nonstandar yang membatasi daya tariknya. Hal itu diperbaiki Nikon dalam model berikutnya.

Terukir di bagian bawah, tidak mencolok, adalah “MADE IN OCCUPIED JAPAN,” sebuah pengingat yang lebih mengerikan tentang saat kamera ini dibuat.
Harga awal untuk kamera bersejarah ini adalah € 90 ribu atau sekitar Rp 1,3 miliar dan diperkirakan mencapai € 180 ribu atau sekitar Rp 2,6 miliar. Namun akhirnya terjual € 384 ribu atau sekitar Rp 5,5 miliar, termasuk biaya dan premi.

Lelang dilakukan di WestLicht Photographica Auction, Wina, Austria.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s