Tragis,Paus Panda Terancam Punah

url img

California -Porpoiseterkecil di dunia semakin dekat menuju kepunahan. Saat ini hanya tersisa 30vaquita porpoises. Lumba-lumba mini Vaquita dikenal juga sebagai “panda-nya laut” karena mata bulatnya yang istimewa dan panjangnya rata-rata 1,4 meter.
Sebuah laporan April tahun lalu menunjukkan populasi vaquita menurun hingga 92 persen sejak survei yang lengkap pada 1997. Keseluruhan populasinya tinggal di area kecil Teluk California, yang menjadi wilayah perikanan terpenting Meksiko. Di daerah ini juga terdapat banyak penangkapan ikan ilegal. Jika Meksiko tidak berusaha dan mengatur penangkapan ikan untuk menyelamatkan spesies itu, maka vaquita diperkirakan punah pada 2022.
Laporan terbaru yang dibuat Komite Internasional untuk Pemulihan Vaquita (CIRVA) akhir Januari silam menyebutkan, populasinya berkurang separuh lagi meski ada upaya-upaya dari pemerintah Meksiko menghentikan penggunaangill net(jaring penangkap ikan yang digantung secara vertikal).
Pada 2015, Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto mengerahkan angkatan laut untuk menghentikanillegal fishing, memperluas wilayah perlindungan vaquita dan memberlakukan larangan dua tahun terhadap pemakaiangill net. Drone juga dikerahkan dalam upaya perlindungan vaquita, tapi CIRVA menyatakan hal itu tidak cukup mengurangi kegiatan penangkapan ikan ilegal.
Vaquitas memiliki sangat sedikit pemangsa alami, sehingga berkurangnya populasi mereka sepenuhnya kesalahan intervensi manusia. Saat ini para ilmuwan mengajukan usaha terakhir untuk menyelamatkan vaquita. Mereka berupaya mendapatkan persetujuan pemerintah untuk menempatkan sejumlah mamalia itu dalam semacam keramba sehingga mereka bisa melakukan reproduksi dengan aman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s