Metode ini Bisa Hafal 72 Kata dalam 20 Menit

url img

Ini bukan sulap, apalagi sihir. Sekelompok orang bisa menghafal ratusan kata acak hanya dalam hitungan detik. Mereka diberikan kata berbeda.Voila…,mereka berhasil menghafal tiap kata dengan tepat.
Siapa mereka? Mereka hanya manusia biasa. Namun jadi luar biasa karena metode menghafal yang disebut loki, atau dikenal juga dengan istilahloci.
Cara tersebut, menurut studi yang terbit dalam jurnalNeuronedisi Maret lalu, bisa dipelajari siapa saja dalam beberapa pekan. Bahkan bisa memperkuat kembali jaringan saraf otak manusia yang mulai lemah.
“Pelatihan metode loki terhadap manusia normal bisa meningkatkan jaringan memori otak dalam jumlah besar,” kata Michael Greicius, anggota studi yang juga pengajar di Stanford University.
Metode loki, yang ditemukan 2.500 tahun lalu, termasuk cara untuk meningkatkan memori menggunakan visualisasi untuk mengatur dan mengingat informasi. Banyak juara kontes memori menggunakan teknik ini untuk mengingat wajah, angka, dan daftar kata-kata.
Metode yang juga disebut “istana memori” tersebut tidak berhubungan dengan struktur otak atau kecerdasan, tapi lebih pada teknik penggunaan daerah otak yang berkaitan dengan spasial.
Dalam studi, tim peneliti membandingkan orang biasa dengan 23 peserta World Memory Championship. Para peserta jelas lebih unggul ketimbang orang biasa. Dalam satu percobaan, misalnya, 17 di antara mereka bisa menghafal dengan tepat 72 kata dalam waktu 20 menit. Sedangkan, dalam waktu yang sama, orang biasanya hanya menghafal 40 kata.
Tim kemudian melihat struktur otak dari semua peserta tanpa terkecuali. Yang mengherankan, tidak ditemukan perbedaan antara mereka yang ikut dalam kompetisi itu dan orang biasa.
“Tak ada struktur otak yang menonjol,” ujar Martin Dresler, penulis utama studi yang juga profesor neurosains di Donders Institute for Brain, Cognition, and Behavior, Belanda, seperti dikutip dariLive Science.
Temuan ini tentunya menjelaskan bahwa peserta kontes memori tidak lahir dengan keajaiban otak. “Mereka belajar untuk mahir menggunakan metode loki,” ujar Dresler. “Letak perbedaan bukan pada perangkat keras (otak), melainkan pada perangkat lunak (metode loki).”
Dalam sesi kedua studi, para peneliti mencoba menguji apa yang terjadi di otak orang biasa. Mereka membagi 51 orang ke dalam tiga kelompok.
Kelompok pertama mengambil kursus metode loki intensif selama enam minggu dan sesionline. Yang kedua mengikuti metode kognitif lain untuk meningkatkan kinerja ingatan mereka. Adapun kelompok ketiga tidak ikut latihan apa pun.
Setelah pelatihan selesai, para peserta kembali menjalani tes hafalan 72 kata. Kelompok pertama menunjukkan peningkatan yang mencolok. “Jumlah kata yang diingat dua kali lipat ketimbang yang pertama,” kata Dresler.
Dua kelompok lainnya? Tak satu pun menunjukkan perbaikan seperti itu. Tak sampai di situ, kelompok pertama tetap menunjukkan peningkatan ingatan pada empat bulan setelahnya.
Hal ini menunjukkan bahwa metode loki mudah diingat dan terpatri di dalam otak. Hasil pindai otak para peserta kelompok ini pun mengungkapkan konektivitas saraf yang serupa dengan peserta kontes ketajaman memori.
Tim percaya bahwa metode loki adalah strategi untuk meningkatkan kerja kognitif yang cukup efektif. “Ini adalah keterampilan yang cukup penting dalam evolusi manusia,” demikian menurut tim dalam jurnal.
Metode loki bukan menghafal angka atau lokasi, melainkan bagaimana menemukan angka-angka itu. Dengan kata lain, metode ini bisa digunakan untuk memproses berbagai jenis data.
Metode loki sangat berguna untuk orang yang pekerjaannya melibatkan ingatan. Antara lain sejarawan dan dokter yang harus mengingat berbagai jenis penyakit dan obatnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s