Pantai Australia Terdapat 20 Jejak Kaki Berbeda dari Dinosaurus

url img

Para ilmuwan menggambarkan koleksi yang luar biasa dari jejak kaki dinosaurus pada pantai-pantai di wilayah Kimberley, sebelah barat Australia. Lebih dari 20 jenis fosil tanda kaki yang berbeda, terekam di pasir berbatu.
Beberapa diantara jejak kaki itu berukuran 1,5 meter, seperti pergerakan sauropoda – binatang raksasa dengan leher dan ekor yang panjang. Banyak jejak kaki dinosaurus, hanya terlihat saat air laut surut. Para ilmuwan menyebutkan koleksi jejak kaki ini tak ada yang menandingi di seluruh dunia.
Dosen Senior Fakultas Biologi Sciences University of Queensland Australia Steve Salisbury menyebutkan koleksi jejak kaki dinosaurus di tepi pantai sepanjang 25km sebagai Jurassic Park Australia. Ini adalah trek fauna dinosaurus paling beragam yang pernah dicatat.
“Dalam waktu 127 juta tahun dan 140 juta tahun lampau di Australia, kita tidak punya catatan lain. Hampir tidak ada fosil lainnya di bagian lain Benua Australia. Apa yang kita lihat adalah benar-benar menakjubkan,” ujar Salisbury.
Peneliti memperkirakan jejak kaki di tepi pantai itu berasal dari sekitar 20 dinosaurus. Enam diantaranya jejak kaki dinosaurus pemakan daging; enam lainnya adalah jejak kaki sauropoda; dan empat jejak kaki ornitopoda, dinosaurus pemakan tanaman berkaki dua. Berikutnya enam jejak kaki stegosaurus, yang belum pernah dilihat sebelumnya di Australia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s