Peneliti Ciptakan Bahan Agar Ponsel Bisa Digulung

url img

Insinyur di University of British Columbia telah merancang bahan gel fleksibel yang keseluruhannya ditanami sensor. Hal ini memungkinkan gel tersebut digunakan untuk layar sentuh piranti bergerak atau diletakkan di jalan dan trotoar untuk mendeteksi kecelakaan.
Upaya-upaya di masa lalu menciptakan gel lentur telah gagal karena material susah membedakan antara sentuhan dan peregangan. Sedangkan material baru ini tetap bekerja saat dilipat setengah, dan bahkan setelah terkena tumpahan kopi.
“Teknologi yang kami kerjakan adalah sensor sentuh yang merenggang dan luwes yang dapat mendeteksi kedekatan sebuah jari. Material ini memungkinkan perangkat genggam merenggang, luwes, ditekuk dan bahkan dapat digulung,” ujar mahasiswa program doktoral Teknis Komputer dan Listrik Mizral Saquib Sarwar.
“Bisa dibayangkan, begitu usai menggunakan komputer tablet berukuran besar, Anda dapat menggulung atau melipat tablet tersebut dan menaruhnya dalam kantung atau dompet. Benda elektronik lipat pasti menjadi hal besar berikutnya. “Ini akan membuka cakrawala baru kemungkinan dalam interaksi komputer dan manusia” ujar Sarwar.
Salah satu fitur yang menarik adalah gel ini menggunakan dua material yang biayanya sangat rendah. Ini memungkinkan peneliti menempatkan sensor di seluruh piranti dan di atas permukaannya. Biaya material hanya 80 pence (sekitar Rp 12.800) per meter persegi sehingga akan lebih mudah dan murah untuk memperbesar skala gel.
Serangkaian tes menunjukkan touchpad juga bisa mendeteksi beberapa jari secara bersamaan yang diperlukan untuk perbesaran layar pada sebuah ponsel cerdas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: