Bukti Kehidupan Tertua Terdapat di Fosil Ini

url img

Mikrofosil mikroba berusia hampir 4,3 miliar tahun yang ditemukan di Kanada diyakini mewakili bukti kehidupan tertua di Bumi yang diketahui. Fosil tersebut serupa bakteri yang berkembang sekarang di sekitar ventilasi hidrotermal dasar laut.
Para ilmuwan pada Rabu menjelaskan bahwa fosil dari garis pantai Hudson Bay di utara Quebec dekat Kepulauan Nastapoka itu menegaskan hipotesis bahwa ventilasi hidrotermal yang memuntahkan air panas mungkin merupakan buaian kehidupan di Bumi segera setelah planet terbentuk.
Mereka juga mengatakan bahwa tetangga Bumi, planet Mars, pada masa itu diduga memiliki samudra-samudra yang memunculkan kondisi untuk kedatangan kehidupan.
Filamen tipis dan tabung yang terbuat dari oksida besi, atau karat, yang dibentuk oleh mikroba ditemukan terbungkus lapisan-lapisan kuarsa. Menurut para ahli filmen itu usianya antara 3,77 miliar dan 4,28 miliar tahun. Hasil penemun itu dipublikasikan di jurnal Nature.
Para periset meyakini fosil dari bagian timur laut Kanada itu dibentuk oleh organisme.
Itu adalah mikroba purba seperti yang digambarkan dalam studi tentang gerakan awal menuju kehidupan yang lebih kompleks dan, pada akhirnya, kedatangan manusia 200.000 tahun lalu.
“Memahami bagaimana dan kapan kehidupan bermula di Bumi membantu menjawab pertanyaan lama: Di mana kita berasal? Adakah kehidupan di tempat lain dalam semesta?” kata periset studi Matthew Dodd, biogeochemis dari University College London.
Para ilmuwan mengatakan struktur mikroba purba hampir serupa dengan bakteri modern yang ada di dekat ventilasi hidrotermal yang kaya besi. Mereka yakin bahwa seperti timpalan modern mereka, mereka pemakan besi. Komposisi batu-batuannya konsisten dengan lingkungan ventilasi laut dalam.
“Ini penting untuk asal kehidupan,” kata peneliti studi Dominic Papineau, ahli astrobiologi dari University College London. “Ini menunjukkan kehidupan mikrobial makin beragam menjadi mikroba-mikroba khusus pada saat sangat awal sejarah Bumi.”
“Ini juga penting untuk evolusi kehidupan. Ini menunjukkan bahwa beberapa mikroba tidak berubah signifikan” sejak masa-masa awal Bumi, kata Papineau.
Bumi terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu dan samudra-samudra muncul sekitar 4,4 miliar tahun lalu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s