USA Kembangkan Helikoper KePresidenan

url img

Generasi berikut helikopter kepresidenan Amerika Serikat (diberi nama panggilanMarine Onejika presiden ada di dalam kabinnya dalam penerbangan) telah melalui peninjauan rancangan bangun yang kritis; dan setelah itu akan memasuki lini produksi sebanyak enam unit.
Helikopter itu, yang diberi sandi VH-92S, akan menjadi helikopter paling mahal yang pernah ada di dunia.
Pada awal 2000-an, Angkatan Laut Amerika Serikat dan Korps Marinir Amerika Serikat mencoba membangun penggantiMarine One, yang saat ini berbasis Sikorsky SH-3DSea Kingsaat ini yang berdinas sejak 1975 dan VH-60N untuk generasi sebelumnya.
Ini artinya, Presiden Obama lebih hanya 14 tahun lebih tua ketimbangMarine Onesaat ini, sementara Angkatan Bersenjata Amerika Serikat sudah memensiunkan jajaranSea Kingsejak akhir 1990.
Keperluan spesifikasi dan operasi menjadikanMarine Oneyang baru nanti itu jauh lebih rumit ketimbang yang ada saat ini. Beberapa dari banyak keperluan itu adalahMarine Oneyang baru harus memiliki sistem pertahanan canggih masa mendatang untuk mengelabuhi dan mengalihkan sistem penargetan dan trayektori luncuran peluru kendali.
Juga harus tahan terhadap paparan masif gelombang elektromagnetik dari ledakan bom nuklir, memiliki sistem komunikasi canggih yang bisa menggelar konferensi video secara aman dengan seluruh pemimpin sipil dan militer di seluruh dunia, termasuk para komandan kapal-kapal selam di manapun mereka berada. Dan tentu saja, ada toilet.
Marine Oneyang baru saat itu, akan diberi kode VH-71Kestrel, dan dikembangkan Lokcheed Martin, berbasis helikopter AW-101Merlinbesutan AgustaWestland, yang bermarkas besar di Yeofil, Inggris.
VH-71Kestrel masih harus mampu ditingkatkan rancang bangun sampai saat itu, sehingga menambah biaya pembuatan dan bobot bersihnya. Dana yang semula dicadangkan untuk membangun 23 unit VH-71Kestrelini tiba-tiba membengkak antara 10 hingga 17 miliar dolar Amerika Serikat.
Program ini kemudian dibatalkan pada Juni 2009 setelah sempat menghabiskan uang sebanyak 3 miliar dolar Amerika Serikat. Bahkan Presiden Amerika Serikat (saat itu), Barack Obama, sempat bernada skeptis atas keperluan helikopter kepresidenan yang baru.
Pada Mei 2014, kontrak baru ditandatangani dalam termin jangka panjang dengan pabrikan helikopter Sikorsky untuk keperluan pengadaanMarine Oneyang baru ini. Jadi pabrikannya beralih, dari AgustaWestland yang kini dimiliki Leonardo Finmeccanica ke Sikorsky yang bermarkas di Amerika Serikat.
Basis program Marine One baru ini beralih menjadi helikopter angkut sedang S-92 yang dalam versi angkutnya bisa membawa 19 orang, terbang pada kecepatan 280 kilometer per jam, dengan jarak jangkauan 867 kilometer tanpa isi ulang.
Jika nanti dia menjadiMarine One, seturut http://www.popularmechanics. com, maka kode designasinya menjadi VH-92S.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s