Hiu Ini Cetak Rekor Baru

url img

Florida -Rekor baru telah dipecahkan oleh hiu jenis mako. Hell’s Bay –si hiu dengan nama ilmiah isurus oxyrinchus ini adalah hiu jenis makarel besar yang mampu menjelajah jarak 20.900 kilometer lebih dalam waktu kurang dari dua tahun. Jarak sejauh itu sama dengan separuh keliling bumi.
Catatan si hiu ini mengalahkan daya jelajah sebelumnya yang dipegang oleh Carol, hiu mako shortfin dari perairan Selandia Baru. Pada Januari 2013 – setelah menempuh perjalanan enam bulan, dia berhasil menjelajahi jarak sejauh 8.265 mil (setara 13.300 km).

Di bawah catatan si Carol, ada hiu putih (great white) yang berasal dari Pantai California bepergian ke Hawaii – 16 tahun silam, dengan menempuh jarak sekitar 2.800 mil ke wilayah barat AS.
Apakah semua ini artinya? Tentu bukan semata catatan untuk kehebatan hiu-hiu itu layaknya Olimpiade. Pencatatan terhadap Hell’s Bay – si hiu mako itu, merupakan upaya para peneliti dari Universitas Nova Southeastern Florida, AS untuk mengetahui pergerakan ikan hiu ini bepergian dan juga habitatnya. Penelitian ini merupakan upaya-upaya pelestarian atau konservasi yang lebih baik.

Hell’s Bay terlacak menghabiskan separuh pertama perjalanannya di sepanjang jalur utara pesisir timur Amerika Serikat. Di paruh kedua, Hiu Mako itu kembali dekat lokasi asli yang telah ditandai. Sepanjang tahun lalu, dia bertualang di sepanjang Samudra Atlantis, menjelajahi Nova Scotia, mampir ke Bermuda dan akhirnya kembali ke Ocean City. Total jarak yang ditempuhnya itu setara dengan jarak separuh mengelilingi bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: