4 Peretas Rusia Legendaris

url img

Kantor Investigasi Federal Amerika Serikat (FBI) masih memburu dua buron asal Rusia, yakni Yevgeny Bogachev dan Aleksey Alekseyevich Belan. Keduanya dituduh telah meretas jutaan informasi finansial milik warga negara Amerika Serikat dan mendapatkan uang jutaan dolar AS dari penjualan informasi tersebut.
FBI berjanji akan memberikan imbalan sebesar US$ 3 juta, setara dengan Rp 40 miliar, untuk siapa saja yang bisa memberikan informasi keberadaan keduanya. Jumlah tersebut merupakan hadiah terbesar yang pernah ditawarkan FBI.

Selain Bogachev, ada tiga peretas yang mewarnai konflik dunia maya antara Rusia dan Amerika. Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dari Russia Beyond the Headlines:
1. Vladimir Levin
Tahun 1994 menjadi awal dari era Internet. Mulanya, Vladimir Levin adalah seorang karyawan biasa di sebuah perusahaan keamanan komersial pertama di Rusia. Belakangan, ia menjadi begitu terkenal setelah meretas sistem dari salah satu industri raksasa perbankan Amerika Serikat, yakni City Bank of America (Citibank). Dengan menggunakan laptop standar, Levin mampu membobol sistem keamanan paling canggih di dunia itu.
Levin bertindak hati-hati dengan mengirimkan uang dalam jumlah yang relatif kecil dari rekening perusahaan besar investor Citibank ke seluruh dunia. Jumlah total uang yang ia curi mencapai US$ 10.700.952. Namun tindakannya ketahuan. FBI pun mengeluarkan surat perintah penangkapan Levin.
Ia ditangkap di Bandara London saat dalam perjalanan penerbangan menuju Moskow, Rusia. Levin kemudian dibawa ke Amerika dan divonis 3 tahun penjara. Hingga hari ini, Levin menjadi simbol hacker Rusia karena menjadi yang pertama membobol keamanan global.

2. Igor Klopov
Igor Klopov, 24 tahun, lulusan ekonomi di Moscow State University, tercatat memiliki rekening sebesar US$ 1,5 juta. Namun ia bukanlah seorang miliuner. Klopov mendapatkannya dari penjualan data keuangan para miliuner Amerika Serikat.
Ya, Klopov adalah seorang hacker. Ia dan teman-teman peretasnya membobol data keuangan miliarder Amerika dan menjualnya di dunia maya.
Klopov mendapatkan ganjarannya pada 2007. Saat itu, ia menyamar sebagai miliarder Charles Wyly dan mencoba membeli emas batangan senilai US$ 7 juta dengan cek palsu.
Cek tersebut terungkap ketika toko emas menghubungi bank untuk memverifikasi. Bank memberi konfirmasi bahwa Wyly tidak pernah menandatangani cek tersebut. Bank lalu menghubungi FBI, yang dengan cepat menggelar operasi untuk memikat Klopov ke New York, tempat ia ditangkap. Sekarang, Klopov bekerja sebagai ahli keamanan di CyberSec, perusahaan keamanan cyber yang berbasis di New York.

3. “Shaltai-Boltai”
Pada 14 Agustus 2014, Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev terkejut ketika menemukan akun Twitter resminya mencuitkan konten yang aneh.
”Saya mengundurkan diri. Saya malu atas tindakan selama ini. Maaf semuanya,” demikian ditulis akun resmi Medvedev. Selanjutnya, akun tersebut menulis, “Vova, surat yang terakhir saya tulis salah. Sudah lama saya memimpikan menjadi seorang fotografer.” Vova adalah nama panggilan Presiden Vladimir Putin.
Medvedev jelas tidak menulis semua itu. Biang keroknya adalah para peretas dari kelompok Anonymous International—juga dikenal dengan Shaltai-Boltai (bahasa Rusia dari karakter fiksi Humpty Dumpty). Mereka adalah kelompok hacker paling terkenal di dunia. Sejak 2014, mereka dituding telah membocorkan isi e-mail banyak pejabat dan politikus Rusia.

4. Yevgeny Bogachev
Ia berasal dari Anapa, sebuah pantai di Laut Hitam, sekitar 1.450 kilometer dari Moskow. Bogachev dituduh meretas jutaan informasi finansial milik warga Negari Abang Sam dan mendapatkan uang jutaan dolar AS dari penjualan informasi tersebut. FBI menghadiahkan US$ 3 juta untuk informasi keberadaannya.
Bogachev menciptakan virus yang sama sekali baru, yang disebut GameOver Zeus (GOZ). Ia dan kelompoknya mengembangkan virus Trojan paling kuat dalam sejarah, yang mampu menyalin informasi perbankan tanpa meninggalkan jejak. Salah satu surat kabar di Inggris menyebut Bogachev tinggal di Anapa.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s