Kisah Tentara yang Terjebak 54 Tahun di India

url img

Seorang veteran tentara Tiongkok akhirnya bisa pulang ke negaranya setelah terjebak selama 54 tahun di India. Pria itu adalah Wang Qi yang kini telah berusia 77 tahun. Ia sempat hilang di hutan perbatasan China-India pada peperangan 1963 silam.
Beruntung karena Wang telah pulang ke Tiongkok pada akhir pekan lalu. Ia terlihat menangis tersedu memeluk sanak saudara yang menyambutnya di bandara. Dilansir dariShanghaiistkisah kembalinya “pria yang hilang” ini bahkan menjadi topik hangat pembicaraan yang membuat para netizen Tiongkok terharu.
Kisahnya bermula saat Wang tersesat dan ditemukan oleh warga yang menyerahkannya kepada pihak berwajib. Selanjutnya, ia harus berpindah dari satu penjara ke penjara lain selama tujuh tahun. Barulah setelahnya pihak kepolisian membebaskannya dan mengantarnya ke sebuah perkampungan terisolir di India.
Di desa itulah Wang menikah dengan seorang wanita lokal dan membina keluarga. Meski memiliki kehidupan yang bahagia, namun Wang tak berhenti berharap bisa pulang ke nagara asalnya. Sayangnya, karena masalah dokumen dan kependudukan India yang rumit menghalangi keinginannya itu.

url img

Keinginannya semakin kuat saat 10 tahun lalu ia kehilangan sang ibunda. Beruntung kini ia sudah kembali ke Tiongkok dengan ditemani oleh anak, menantu dan cucunya dengan bantuan seorang reporterBBC. Wang pun segera mengunjungi makam sang ibu di daerah Shaanxi pada Senin (13/2) bersama keluarganya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s