Fosil Serangga Mirip Alien Ini Punya Orde Baru

url img

Oregon -Serangga yang hidup 100 juta tahun lalu dan ditemukan di pohon damar di daerah tambang Lembah Hukawng di Kachin State, timur laut Myanmar, memiliki tampilan yang mirip alien. Kata peneliti, serangga itu juga memiliki ciri-ciri fisik menyerupai E.T (extra-terrestrial).
Para peneliti menggambarkan serangga betina tanpa sayap itu dalam sebuah riset yang diterbitkan oleh Cretaceous Research. Mereka mengatakan serangga itu kemungkinan hidup di celah kulit pohon, dimana makhluk ini memakan cacing, kutu atau jamur selama masa prasejarah.

Ilmu pengetahuan sejauh ini telah mengidentifikasi sekitar 1 juta serangga tapi jenis serangga yang teridentifikasi dimasukkan ke dalam 31 orde. Serangga prasejarah yang ditemukan Desember tahun lalu itu unik dan cukup berbeda dari serangga lainnya sehingga ilmuwan memutuskan menempatkan makhluk ini dalam orde tersendiri.
“Saya tidak pernah melihat hal seperti ini. Tampaknya unik dalam dunia serangga, dan setelah berdiskusi kami memutuskan menaruhnya ke dalam orde yang baru,” ujar penulis riset George Poinar Jr. dari Universitas Negeri Oregon.

Spesies yang dinamakanAethiocarenus burmanicusitu dimasukkan dalam ordeAethiocarenodea, klasifikasi kelompok serangga ke-32 yang diakui ilmu pengetahuan.
Poinar menambahkan hal paling aneh dalam penemuan itu bahwa kepala serangga prasejarah “terlihat banyak kemiripan seperti gambaran mahkluk asing (aliens).”
Aethiocarenus burmanicus, yang hidup bersama dinosaurus, bentuknya kecil tapi terlihat menakutkan dengan mata yang melotot.
Salah satu dari karakteristik serangga ini yang paling tidak biasa adalahverteks(permukaan atas kepala) terletak di dasar lehernya. Para ilmuwan mengatakan ciri ini tidak ditemukan pada jenis serangga yang lain. Hal ini memungkinkan spesies yang sudah punah ini untuk melihat hampir 180 derajat saat memutar kepalanya ke samping.

Serangga purba, yang diduga para peneliti sebagai omnivora ini, juga memiliki karakter tubuh yang panjang, sempit dan datar serta kaki panjang yang ramping. Ciri-ciri fisik itu bermanfaat untuk bergerak dengan cepat. Pada lehernya terdapat cadangan kelenjar, kemungkinan zat kimia untuk mengusir para pemangsanya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s