Sirkus Ini Berhenti Setelah Hampir 150 Tahun

url img

Perusahaan sirkus asal Florida, Amerika Serikat, The Ringling Bros. and Barnum & Bailey mengumumkan akan menutup usaha mereka setelah beroperasi selama 146 tahun terakhir.
Seperti dilansir Channel NewsAsia, Senin 16 Januari 2017, penjualan tiket yang terus menurun dan tingginya biaya operasional menjadi alasan utama sirkus ini berhenti beroperasi.
“Setelah mengambil keputusan yang sangat sulit, Ringling Bros. and Barnum & Bailey akan menggelar pertunjukkan terakhir pada Mei mendatang,” kata Kenneth Feld, Direktur Feld Entertainment, produser sirkus dalam laman resmi mereka.
Pertunjukkan terakhir mereka adalah di Kota Providence pada 7 Mei 2017, dan di Uniondale, New York pada 21 Mei 2017.
Sirkus dengan slogan “pertunjukkan terbaik di dunia” ini pernah disewa untuk terlibat dalam film pemenang Oscar terbaik pada 1952 yang dibesut sienas Cecil B. DeMille.
Pada Mei lalu, sirkus ini menghentikan pertunjukkan gajah setelah bertahun-tahun dituntut oleh aktivis penyayang binatang. Meski membantah telah melakukan kekejaman terhadap binatang, sirkus ini bersedia membayar denda jutaan dollar beberapa tahun sebelum mengakhiri pertunjukkan gajah.
Dalam pernyataan Sabtu lalu, Feld menyebut berhentinya pertunjukkan gajah menjadi pemicu turunnya penjualan tiket secara drastis.
Adapun Presiden PETA, Ingrid Newkirk, bersyukur atas penghentian operasional sirkus ini. “Setelah 36 tahun melakukan protes, warga dunia mulai sadar atas nasib bintang dalam kurungan.”
Para anggota organisasi penyayang binatang ini kerap berunjuk rasa di dekat lokasi sirkus sambil membawa selebaran tentang binatang-binatang yang menurut mereka disiksa dalam sirkus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s