Ini Tarif Kurir Robot Starship

url img

Diperlukan dana senilai US$ 17,2 juta (sekitar Rp 229 miliar) bagi Starship Technologies—perusahaan yang dibentuk Ahti Heinla dan Janus Friis dari Skype—untuk membangun armada robot pengantar beroda enam.
Robot pengantar ini telah mengawali debutnya di dua kota di Amerika Serikat, yakni Washington, DC, dan Redwood City, California, awal Februari silam. Pada hari pengetesan, Starship mengutus seorang karyawannya berjalan di belakang robot untuk menangani hal-hal yang tak diharapkan dan para pejalan kaki yang terlalu penasaran.

Robot ini pada dasarnya merupakan wadah kotak terlindungi yang bisa melaju dengan kecepatan sekitar 6,4 kilometer per jam. Teknologinya cukup tinggi dengan sembilan kamera, sensor bersusun ultrasonik 360 derajat, dan sebuah prosesor Nvidia Tegra K1 untuk mengambil gambar di sekelilingnya, yang dapat memetakan lingkungan dan menghindari beragam rintangan.
Selain itu, sistem navigasinya dilaporkan lebih akurat 1,5 meter dibanding penerima GPS nonmiliter terbaik. Saat ini, robot Starship hanya bisa membawa muatan maksimal 9 kilogram dan dapat menerima pesanan dalam radius 4,8 kilometer. Dua perusahaan yang telah memesan robot buatan Starship, yaitu Postmates dan DoorDash.

Robot Starship juga telah diuji coba di 40 negara di Eropa, antara lain Inggris, Jerman, dan Swiss. Tugas-tugasnya antara lain mengantarkan pesanan makanan, barang belanjaan, dan parsel. Hingga November 2016, robot itu telah menempuh total jarak 19.312 kilometer. Dalam uji coba di Inggris, ongkos sekali pengantaran dengan robot Starship sekitar US$ 1,2 atau lebih murah dibanding ongkos lewat kurir manusia sebesar US$ 3,7-7,6.
Starship bukan satu-satunya perusahaan di dunia yang memproduksi robot pengantar. Ketika Dominos Pizza meluncurkan robot empat roda di Australia musim semi tahun lalu, akun Twitter resmi Starship menyarankan pesaingnya DRU (Domino’s Robotic Unit) mengurangi berat robotnya. Adapun bobot DRU 190 kilogram, sedangkan robot Starship 15 kilogram. Namun tubuh DRU yang tambun memberi lebih banyak tenaga dan mampu melaju 19,3 kilometer per jam—tiga kali lebih cepat dibanding Starship.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s