Tidur Lebih Baik dengan Berkemah

url img

Colorado -Orang-orang yang mengalami kesulitan tidur, sebaiknya pergi berkemah, demikian saran para peneliti. Riset yang dimuat dalam JurnalCurrent Biologyjuga bisa membantu mereka yang mengalami jet lag.
Dr Kenneth Wright, dari Universitas Colorado Boulder, AS,memulai riset tentang kemah pada 2013. Saat itu dia mengirimkan lima orang pergi berkemah selama sepekan di musim panas. Tujuannya bagaimana jam biologis (internal clock) berubah tanpa kehadiran barang-barang elektronik dan hanya bergantung pada sinar matahari. Sebelum dan setelah berkemah, Dr Wright mengukur tingkatan hormon melatonin. Hormon ini mengingatkan tubuh waktu bersiap untuk tidur dan membantu mengaturinternal clockseseorang.
Wright menemukan jam biologis kelima orang ini yang terbiasa berada di lingkungan modern mengalami penundaan dua jam. Hal ini tentu saja tidak bagus karena siklus tidur yang buruk terkait dengan sejumlah masalah kesehatan seperti mengantuk, suasana hati dan risiko besar kelebihan berat badan .
Pada bagian kedua riset kali ini Wright mengirim sejumlah orang berkemah selama sepekan di musim dingin. Tujuannya, dia ingin melihat apa yang terjadi ketika sejumlah orang pergi berkemah sementara yang lainnya tetap berada di rumah. Mayoritas orang yang berada di rumah, tidur lebih lambat dari biasanya dan internal clock-nya mundur lebih jauh.
Hasil temuan riset kedua adalahinternal clockorang-orang berkemah ini mengalami penundaan dua jam 36 menit—lebih lama dibanding obyek riset di musim panas saat mereka terpapar cahaya matahari. Penemuan lainnya adalah mereka memiliki tingkat melatonin yang tinggi. “Kami belum mengetahui apa artinya ini, tapi kita mengetahui orang-orang tertentu sensitif terhadap perubahan musim,” kata Wright.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s