Gita,Asisten Pribadi dari Piaggio

url img

Piaggio, perusahaan yang memperkenalkan skuter Vespa pada 1946, kini meluncurkan inovasi menjanjikan berikutnya: Gita, robot asisten pribadi (personal helper). Prototipe Gita telah diluncurkan oleh Piaggio Fast Forward—unit baru Riset dan Pengembangan (R&D) Grup Piaggio—dalam sebuah pameran di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat, Kamis, 2 Februari 2017.
Diucapkan “jee-ta” (frase bahasa Italia untuk “perjalanan singkat”), tampilan pembawa kargo swakemudi ini tampak seperti bola berwarna biru yang menggunakan dua roda sepeda untuk melakukan navigasi. Kreasi terbaru ini dimaksudkan untuk keperluan berbelanja atau, “Membawa barang-barang yang rumit,” ujar CEO Piaggio Fast Forward, Jeffrey Schnapp. Dia juga menyebutkan bahwa Gita dapat dikirim “untuk tugas-tugas tertentu sementara pemiliknya sibuk bekerja.”
Sebuah video di YouTube berjudulInnovation at Street Levelmenunjukkan operasional Gita yang dapat berfungsi swakemudi dalam lingkungan yang telah dipetakan.
Adapun sejumlah tugas yang dapat dilakukan Gita adalah mengambil pesanan dari toko, membawa barang belanjaan, membantu membawa persediaan di gudang, dan menemani berjalan-jalan anjing peliharaan (dog-walking). Barang bawaan dapat disimpan dalam ruang penyekat setelah penutup di bagian atas dibuka. Dengan kecepatan maksimum 35 km per jam, Gita juga dapat mengiringi penggunanya melakukan olahraga lari.
Dengan tinggi 66 cm dan kapasitas muatan maksimal 20 kg, Gita dirancang bergerak seperti manusia. Mobilitas yang lincah seperti bola membuat Gita mudah menelusuri langkah pemiliknya. Dengan kemampuan bergerak di dalam ruangan ataupun di luar ruangan, Gita disebut memiliki “kepribadian yang komunikatif dan kemampuan untuk belajar.”
Piaggio Fast Forward menyatakan robot bertenaga baterai ini dirancang dan direkayasa layaknya sepeda motor berkinerja tinggi. Karena itu, unsur keselamatan, pengereman, keseimbangan, dan dinamika kendaraan juga menjadi perhatian Piaggio.
“Transportasi dan industri robotik cenderung berpusat pada pengoptimalan tugas dan menggantikan tenaga kerja. Kami mengembangkan produk yang menambah dan memperluas kemampuan manusia daripada sekadar berusaha menggantinya,” kata Schnapp. Piaggio bertujuan menawarkan pengganti mobil dan skuter yang lebih hijau untuk mengakomodasi perjalanan pendek. Di saat bersamaan membujuk penggunanya untuk lebih banyak berjalan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s