Waktu Terbaik Untuk Lihat Stasiun ISS adalah. .

Waktu Terbaik Untuk Lihat Stasiun ISS adalah. .

url img

Selama sepekan sejak 23 – 30 Januari 2017, stasiun luar angkasa Internasional ISS (International Space Station) bisa terlihat di Jakarta dan sekitarnya. Setiap hari hanya ada dua waktu khusus yaitu petang dan saat matahari terbit. Waktu terbaik pengamatan pada Jumat pagi, 27 Januari, pukul 05.12 WIB.
Wahana ISS yang sebesar lapangan sepakbola, pada 23 Januari 2017, terlihat muncul pada pukul 18.36 WIB dengan ketinggian 10 derajat dari garis horison, lalu naik sampai 21 derajat pada pukul 18.38 WIB.
Dengan kecerahan -0,9 magnitudo atau seperti Planet Venus yang terlihat dari bumi, ISS akan muncul dari arah barat daya di langit lalu bergerak ke arah barat laut hingga akhirnya menghilang dari pandangan di arah utara.
ISS pada 25 Januari terlihat muncul pada 05.20 WIB dengan ketinggian 10 derajat di utara. Posisi maksimalnya pukul 05.23 dengan ketinggian 20 derajat, bergerak ke timur laut dengan kecerahan -0,9 magnitudo.
Pada Sabtu pagi pukul 05.12 WIB, ISS muncul dari arah barat laut dengan ketinggian 11 derajat dengan lebih terang. Tingkat kecerahannya -3,3 magnitudo. Posisi maksimalnya pukul 05.15 di arah timur laut dengan ketinggian 85 derajat dari garis horison. Tiga hari berikutnya, 28, 29, dan 30 Januari 2017, ISS terlihat muncul setelah matahari terbit.
ISS merupakan stasiun antariksa terbesar yang pernah dibuat dengan fungsi penelitian dan pengamatan luar angkasa. Wahana yang dihuni astronot secara bergantian itu proyek bersama lembaga antariksa dari 16 negara. Kini ada enam orang astronot yang melayang di dalam ISS.
Mereka angkatan ekspedisi ke-50 periode 30 Oktober 2016 hingga Maret 2017. Ekspedisi tersebut meliputi riset bioteknologi, manusia, bumi, dan ilmu antariksa.
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Thomas Djamaluddin mengatakan, komunikasi para astronot tersebut dengan orang di bumi yang dilintasi seperti Jakarta, bisa dilakukan. “Tapi harus terjadwal tidak bisa langsung,” katanya. Di negara lain, komunikasi astronot misalnya dengan siswa-siswa sekolah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s