Kapan Google Bayar Pajak?

url img

Persoalan pajak Google memang belum kelar. Tapi Menkominfo Rudiantara memastikan raksasa pencarian internet itu akan mulai membayar pajak pada kuartal kedua 2017.
Rudiantara mengatakan Google memang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Hanya saja, siapapun layanan Over The Top yang berbisnis di Indonesia harus bayar pajak.
“Kita berterima kasih ke Google. Tapi mereka harus bayar pajak, wong pasarnya di Indonesia kok,” ujarnya saat ditemui usai Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum di Balai Kartini, Jakarta, (19/1/2016).
Menkominfo pun sudah melihat sinyal positif dari raksasa pencarian internet itu untuk memenuhi kewajiban pajak yang dibebankan oleh pemerintah. Hanya saja ia belum mengetahui mekanisme pembayarannya.
“Permasalahan pajak Google diharapkan bisa selesai kuartal ini. Soal penagihan ke belakang atau ke depan tergantung regulasi yang digunakan Kementerian Keuangan,” kata pria yang kerap disapa Chief RA ini.
Menurutnya yang terpenting saat ini adalah perhitungan tagihan pajak ke depan. Bila regulasi dan tarif telah ditentukan maka dapat membuat formulasi tagihan untuk tagihan lima tahun ke belakang.
“Kalau regulasi pajak yang akan ditagih ke depannya sudah selesai, pemerintah cukup menagih kewajiban pajak ke belakang yang belum dibayarkan Google,” jelas pria berkacamata ini.
Sebelumnya diberitakan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melayangkan surat pemanggilan kepada Google Asia Pacific Pte Ltd yang bermarkas di Singapura untuk datang ke Jakarta.
Perusahaan raksasa teknologi tersebut direncanakan akan datang ke DJP pada pukul 15.00 WIB hari ini. Agendanya yakni menyocokkan data antara data yang dimiliki Google dengan DJP.
“Jadi, jadi (Google datang). Jam 3 (sore) datang nanti. Saya belum tahu (siapa yang datang,” kata Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi di kantornya, Jakarta, Kamis (19/1/2017).
Soal siapa dari pihak Google yang akan datang ke DJP, dirinya mengaku masih belum mengetahuinya. Selain itu, menurut dia, kedatangan Google sendiri dalam rangka menyocokkan data pajak antara perusahaan tersebut dengan DJP.
“Yang diundang banyak, saya nggak tahu yang datang berapa, siapa yang datang. Pemeriksaan kan sudah, hanya mau konfirmasi data saja, ini benar apa nggak,” papar Ken.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s