Makanan-makanan Yang Buat Awet Muda

Makanan tertentu kaya akan zat-zat yang baik untuk kesehatan. Manfaatnya beragam, diantaranya berkhasiat menunda penuaan alias menjaga Anda tetap awet muda.
Nah, Anda ingin selalu sehat, segar, dan awet muda? Rajinlah mengkonsumsi makanan berikut ini:
1. Alpukat
Menurut PaulaSimpson, BASC, RNCP, minyak yang ditemukan dalam alpukat bekerja menguatkan kulit sambil melembapkannya. Avokad kaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang paling sehat untuk sistem kardiovaskular karena tidak meningkatkan inflamasi.
2. Berry
Kaya antioksidan. Snack lezat ini menetralisir radikal-radikal bebas yang merusak. Juga membantu tubuh memproduksi kolagen, membuat kulit kencang dan halus.
3. Yoghurt rendah lemak
Bukan hanya kaya protein dan kalsium, tapi juga mengandung nutrien vital, jelas Lisa Drayer, MA, RD, penulis buku The Beauty Diet. Vitamin-vitamin B di dalam yoghurt sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh, antara lain pertumbuhan dan pembelahan sel. Satu cup yoghurt mengandung 450 mg kalsium, lebih banyak dari 1 cup susu bebas lemak.
4. Makanan dengan kandungan air tinggi
Makanan tinggi kandungan air, contohnya mentimun, semangka, apel, peach, melon, dan seledri, adalah contoh solusi hidrasi terbaik untuk kulit, jelas Simpson. Makanan ini mencegah kerut dan karena itu membuat wajah tampak segar. Selain itu, ia juga menyarankan minum teh hijau ntuk menjaga kelembapan kulit.
5. Salmon liar
Mengandung asam lemak omega-3 yang menguatkan ingatan dan fungsi otak. Drayer menyarankan pilih salmon liar ketimbang salmon ternakan untuk menghindari kadar lemak yang lebih tinggi.
6. Zinc, copper, dan selenium
Mineral-mineral ini diperlukan untuk produksi kolagen. Bisa didapatkan dari ayam, daging sapi tak berlemak, walnut, chickpeas, dan buah yang dikeringkan. Zinc sangat penting untuk sistem imunitas yang sehat. Selenium membantu kulit mempertahankan elastisitas alamiah.
7. Kerang
Kaya zinc dan selenium. Kadar tinggi mineral ini berperan sebagai antioksidan dan membantu mencegah penyakit yang terkait dengan mata.
8. Wortel dan tomat
Semakin cerah semakin baik. Sayuran cerah ini kaya phytonutrient dan antioksidan, keduanya mencegah kerusakan radikal-radikal bebas. Juga mengandung beta karoten dan lycopene yang melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan memperbaiki sel-sel kulit.
9. Tahu, soymilk, edamame
Mengandung phytoestrogens alamiah yang membantu mempertahankan ketahanan kulit dan bahkan bisa memperlambat proses penuaan.
10. Blueberry
Semua berry mengandung khasiat anti penuaan, tapi blueberry paling populer karena jumlah vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya. Vitamin-vitamin ini mencegah penuaan dengan memberantas zat-zat kimia yang berbahaya dari tubuh yang berefek kerusakan jangka panjang pada organ.
11. Brokoli, bit, kol merah
Sayuran ini semuanya pendetoks alamiah, kata Simpson. Khasiat: meminimalisir toksisitas yang menimbun di dalam aliran darah, dan menyebabkan kulit kusam.
12. Buah kiwi
Makan buah kiwi bukan hanya membantu menjaga kulit mulus, tapi juga meningkatkan kesehatan tulang. Menurut Drayer, satu cup buah kiwi yang dikupas mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk dalam jumlah sama. Selain itu, juga menetralisir radikal-radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.
13. Rosemary
Kaya phytochemical yang meningkatkan kadar ceramide di dalam kulit, yang membantu mempertahankan kelembapan dan elastisitas.
14. Cokelat pekat
Resveratorol dan flavanol di dalam cokelat pekat meningkatkan sirkulasi dan bahkan dapat mencegah kerusakan ringan sinar matahari. Pastikan pilih cokelat pekat ketimbang milk karena cokelat pekat lebih berkhasiat untuk kesehatan.
15. Bayam
Sayuran ini mengandung lutein, yang membantu menjaga mata sehat dan cerah. Bayam juga mengandung banyak vitamin, antara lain folate (vitamin B9), yang membantu produksi dan menjaga sel-sel baru, antara lain sel-sel darah merah.
16. Jahe, kunyit, cocoa, cabai, kayu manis
Bumbu dapur ini mengandung efek antioksidan dan anti-inflammatory ampuh pada tubuh. Juga membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam minuman atau bahkan makanan.
17. Ubi jalar
Beta karoten yang terkandung di dalam ubi jalar adalah antioksidan kuat dan larut lemak. Menurut Drayer, Anda akan melihat kulit yang lebih halus sesudah makan ubi jalar secara teratur, karena tubuh kita mengubah beta karoten menjadi vitamin A, yang membantu menghaluskan kulit dan mencegah kerut.
18. Padi-padian utuh dan serat
Serat sangat penting untuk fungsi kulit normal dan pertumbuhan kembali sel-sel baru. Selain itu, karbohidrat kompleks di dalam padi-padian utuh mengatur kadar gula darah dan menurunkan glycation, yang membuat kulit kurang elastis.
19. Walnut
Walnut salah satu kacang yang mengadung sejumlah tinggi asam lemak omega-3. Asam lemak ini menunjukkan mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, dan meningkatkan kekuatan tulang. Khasiat anti-inflammatory-nya juga meringankan penyakit kulit seperti eksim, dan bahkan asma dan rematik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s