Pare Punya Segudang Manfaat

url img

Kamu suka makan pare nggak? Atau malah menghindari sayuran itu ketika memesan siomay. Pare adalah sayuran yang memiliki citarasa pahit yang khas. Nggak sedikit orang yang membencinya. Namun ketika nggak ada dalam beberapa sajian, pare dirindukan.
Namun dibalik rasa pahit yang dikandung oleh sayuran berdaging bergerigi ini, tersimpan banyak khasiat terhadap kesehatan. Buah pare bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kuning, malaria, membersihkan darah, membunuh sel kanker melancarkan pencernaan dan banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat pare:
Diabetes Tipe II
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pare berhasil menurunkan gula darah melalui peningkatan metabolisme glukosa. Minum satu cangkir setiap hari. Cobalah resep ini untuk menerima manfaat penuh dari sayur ini. Seperti halnya perubahan untuk diet, pastikan kamu berkonsultasi dokter. Hentikan penggunaan jika mengalami sakit perut, diare, atau demam. Kamu juga perlu memonitor gula darah secara teratur dan menyesuaikan obat seperlunya sesuai petunjuk dari dokter.
Pare mengandung phytonutrient dan polipeptida-P yang merupakan insulin untuk mengatur kadar gula darah. Pare juga dapat menyusun agen hipoglikemik yang disebut charantin. Hal ini dapat meningkatkan sintesis glikogen dalam tubuh. Kedua hal ini bersama-sama membantu dalam pengobatan diabetes tipe II menormalkan kadar gula dalam darah.
Menderita batu ginjal adalah kondisi medis yang sangat menyakitkan. Pare dapat membantu dalam membersihkan tubuh dari batu ginjal karena kandungan di dalamnya. Pare pun dapat mengurangi asam yang meninggi yang membantu menghasilkan batu ginjal yang menyakitkan. Campurkan pare yang telah menjadi bubuk dengan air untuk membuat teh yang menyehatkan. Teh ini memiliki rasa pedas dan yang mengejutkan nggak memerlukan pemanis.
Sebagian besar dari batu ginjal merupakan sebuah formasi yang keras dari kalsium fosfat ataupun kalsium oksalat. Bahkan bila cukup beruntung maka batu ginjal dapat hilang tanpa adanya gejala dan juga resiko. Dengan mengonsumsi pare secara teratur, hal itu dapat mengurangi potensi terkena batu ginjal yang lebih parah.
Jangan sepelekan manfaat pare dalam kehidupanmu. Kamu bisa menurunkan menurunkan kadar kolesterol berbahaya hingga menjadi lebih rendah dengan pare. Mengurangi kolesterol secara signifikan pun bersinggungan dengan mengurangi serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.
Manfaat tambahan adalah bahwa pare benar-benar alami dalam bekerja dengan tubuh untuk mencegah risiko kesehatan tersebut. Kolesterol tinggi hanya dapat didiagnosis dengan tes darah. Coba pare untuk menuai manfaat kesehatan yang mengejutkan ini.
Salah satu manfaat kesehatan yang paling mengejutkan dari pare adalah sifat antikanker-nya. Pare telah terbukti mengganggu produksi glukosa yang berpotensi menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas. Cobalah jus pare dengan berbagai variasi untuk menuai manfaat kesehatan ini. Pare juga dapat membuat sel-sel kanker di hati, usus besar, payudara atau prostat “kelaparan”.
Mencegah tumbuhnya sel kanker dalam pankreas, sebuah penelitian di University of Colorado, Amerika Serikat mengemukakan bahwa ekstrak pare yang dipakai bisa menghambat proses glukosa menjadi energi. Sementara sel kanker sendiri membutuhkan energi untuk tumbuh dan berkembang sehingga dengan demikian sel kanker yang tumbuh dapat dihambat.
Makanan atau minuman yang diambil dari pare ini memiliki manfaat bagi kulit. Diminum secara teratur, pare dikatakan mampu membuat efek “bersinar” pada kulit dan membantu dalam mengobati jerawat, psoriasis dan eksim. Cobalah sup pare yang pahit untuk membantu segala permasalahan kulit agar menjadi lebih indah.
Pare pun bisa melindungi kulit kamu dari polusi, debu hingga pancaran sinar matahari. Masalah tersebut menjadikan kulit wajah terlihat jauh lebih kusam dan kusut sehingga membuat penampilan menjadi menurun. Untuk masalah ini, pare bisa dijadikan sebagai masker wajah alami. Caranya ialah mengolah pare sampai lembut dan dioleskan pada wajah. Pare tersebut dapat mengurangi masalah pada kulit wajah dan menjadikannya terlihat bersih dan segar.
Seperti biasa dengan kebanyakan tanaman, pare sangat rendah kalori dan sangat mengenyangkan. Nggak hanya untuk kesehata, pare ini juga ampuh membuat berat badanmu hilang atau mempertahankan berat badan yang sehat. Pare juga mengandung nutrisi yang tinggi. Hal ini merupakan alasan lain yang sangat bermanfaat dalam penurunan berat badan.
Untuk kamu yang sedang menjalani program diet, masukkanlah pare pada daftar sayuran yang harus dikonsumsi. Untuk yang sedang menjalani program diet disarankan untuk meminum jus pare setiap harinya. Agar nggak terlalu pahit, kamu bisa mencampur dengan madu alami.
Ada beberapa manfaat ketika kamu mengonsumsi pare secara teratur. Salah satunya adalah mengurangi kanker hari. Cara kerjanya adalah membantu pencernaan, meningkatkan fungsi kandung empedu dan menurunkan retensi cairan. Sirosis hati, hepatitis dan sembelit bisa dikurangi dengan jus pare. Minum jus pare setidaknya sekali sehari untuk menikmati manfaatnya. Segelas jus pare dapat membantu dalam penurunan berat badan dan meredakan gejala iritasi pada usus besar.
Mencegah kanker karena memiliki kandungan antioksidan yang tinggi maka pare juga sangat baik untuk mencegah terjadinya kanker. Antioksidan yang ada akan mengikat radikal bebas sebagai penyebab terjadinya sel kanker. Oleh karena itu jika ingin terhindar dari kanker jangan lupa mengkonsumsi pare sebagai menu sayuran di rumah.
Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi mereka yang memiliki diabetes tipe II. Karbohidrat berubah menjadi gula dan pare menyeimbangkan gula. Metabolisme karena karbohidrat lebih cepat dan membuat tubuh lebih sedikit menyimpan lemak. Hal inilah yang membuat tubuh mengalami penurunan berat badan dan menjaga berat badan agar stabil.
Kandungan di dalam pae juga dapat membantu dalam pertumbuhan otot. Kamu mesti mencoba olahan pare agar dapat merasakan banyak manfaatnya. Nggak hanya untuk kamu, pare juga baik untuk ibu hamil. Manfaatnya dapat memperlancar pencernaan. Ketika hamil pencernaan seringkali mengalami gangguan. Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi pare rutin setiap harinya. Pare mengandung serat yang tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan.
Vitamin K berkontribusi baik untuk kesehatan tulang, pembekuan darah dan anti-inflamasi. Pare memiliki kandungan yang baik untuk penderita arthritis yang dapat mengalami rasa sakit lebih rendah. Dengan mengonsumsi pare, peradangan pada sendi menjadi lebih berkurang melalui peningkatan Vitamin-K.
Pare krispi adalah cara yang lezat untuk menambah vitamin K untuk diet kamu. Konsumsi pare untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh dapat menambah kandungan vitamin K. Pare merupakan sumber besar untuk serat makanan.
Sebuah sistem kekebalan tubuh yang sehat sangat penting untuk menangkis infeksi potensial dan penyakit. Mengonsumsi paer sangatlah baik untuk kesehatan kamu. Sayuran ini ampuh menghentikan atau mencegah pilek sekaligus memetik manfaat sistem pencernaan. Pare dapat mencegah atau mengekang alergi makanan dan menyingkirkan infeksi ragi secara alami.
Pare dapat meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kamu dengan sangat baik. Kamu bisa merebus pare di dalam air dan kemudian mengonsumsi air rebusannya setiap hari untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit. Pare sangat kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat yang membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s