Pohon Ini Jadi Saksi Ledakan Bom Atom Hiroshima

url img

Pohon bonsai selama ini memang dikenal sebagai tanaman kerdil yang memiliki umur panjang. Tak heran jika sebuah pohon mampu bertahan hidup selama ratusan bahkan ribuan tahun.

Namun ada sebuah keistimewaan yang dimiliki pohon bonsai yang ditanam pada 1625 ini. Meski bukan menjadi bonsai tertua, namun tanaman milik keluarga Yamaki ini memiliki kisah sejarah yang hebat bagi warga Jepang.
Bonsai yang usianya yang ke 391 tahun ini berhasil selamat dari serangan bom atom Hiroshima.
Pohon berbentuk unik ini selamat bersama seluruh keluarga Yamaki meskipun lokasinya hanya berjarak dua mil dari bom dijatuhkan.

Tentunya hal itu sangatlah mengejutkan. Pasalnya pohon dan keluarga Yamaki sanggup bertahan dari bom milik tentara Amerika yang telah membunuh sekitar 140 ribu orang tersebut. Dampak nuklir pun tak nampak dari pohon yang masih terus tumbuh subur ini.
Dengan keistimewaannya, bonsai itu dikirim ke National Arboretum, Washington, D.C, Amerika oleh Masaru Yamaki pada 1976. Sayangnya, staf Arboretum tak memahami keistimewaan pohon ini. Hingga 2001 lalu penerus keluarga Yamaki menjelaskannya secara langsung mengenai hubungan Bonsai dengan bom Hiroshima.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s