Ramuan Jahe Yang Akan Membuat Berat Badan Turun

url img

Mungkin untuk kamu yang kerap keluhkan perut bergelambir dan berat badan yang nggak kunjung menurun pada orangtua, mereka sering memberikan wejangan untuk konsumsi jamu sebagai solusi. “Nggak ada yang bisa kalahkan ramuan tradisional,” begitu ucap kebanyakan dari mereka. Ya, beberapa dari jamu atau ramuan tradisional itu memang ampuh melunturkan lemak jahat.
Kali ini yang bakal dibahas adalah jahe. Tanaman obat itu memang dapat diandalkan untuk menyembuhkan penyakit. Nggak terkecuali melunturkan lemak jahat dalam perutmu. Berikut beberapa racikan dan penjelasan mengenai ramuan berbahan jahe:
Jahe Bisa Turunkan Berat Badan?
Intepretasi menurunkan berat badan nggak serta merta bisa dilihat secara langsung. Ada proses yang harus kamu lakukan dan secara rutin. Minum jahe dimaksudkan sebagai pelengkap dalam diet penurunan berat badan. Itu artinya kamu harus mengurangi asupan lemak harian dan makan makanan sehat seperti salad, sayuran kukus dan protein, serat dan minum banyak air.
Jangan lupa untuk berolahraga untuk manfaat kesehatan yang maksimal. Ada banyak orang yang meminum ramuan jahe dan merasakan khasiatnya. Entah turun 1 kg dalam seminggu, 5 kg hingga 10 kg. Kelihatannya memang sangat sederhana, kamu hanya tinggal minum ramuan dari air jahe dan madu yang dapat berfungsi untuk mencegah penumpukkan lemak dalam tubuh. Selain menurunkan berat badan ramuan ini juga dipercaya bisa meningkatkan kualitas kesehatan tubuh.
Jahe memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengurangi nafsu makan dengan efek regulasi gula darah dan serum kolesterol. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan dalamBritish Journal of Nutritionpada tahun 2006 disebut bahwa jahe mentah memiliki efek stabilisasi pada gula darah, lemak dan kolesterol. Konsumsi jahe yang diiris kemudian direbus bersama secangkir air. Ramuan ini dapat membantu merangsang pencernaan jika diminum sebelum makan.
Salah satu manfaat jahe yang paling penting untuk menurunkan berat badan adalah membantu kerja sistem pencernaan menjadi lebih baik. Kenapa? Karena jahe mengandung 2 enzim pencernaan yang dapat membantu mendorong pergerakan perut, usus besar dan kecil.
Enzim protease yang berfungsi memecah protein. Enzim lipase yang berfungsi memecah lemak. Kedua enzim ini membantu tubuh Anda dalam mencerna dan menyerap makanan.
Hormon kortisol merupakan salah satu hormon yang dilepas ketika kamu stres. Kadar yang dilepaskan sangat tinggi dan dapat memicu nafsu makan menjadi lebih besar. Dengan mengonsumsi ramuan jahe, akan dapat menekan produksi jumlah hormon kortisol. Hal itu akan menurunkan berat badan sekaligus mengecilkan perutmu yang buncit.
Ada beberapa orang yang menganjurkan kamu mengonsumsi minuman jahe ini 30 menit sebelum kamu makan. Hal itu sebagai penyelaras apa yang kamu makan, penyerapan dan apa yang akan kamu keluarkan. Bila sedang stres dan kamu meminum ramuan jahe, bisa dipastikan keinginanmu untuk mengonsumsi yang lain akan tertahan.
Jangan remehkan jahe karena sebagai tanaman obat karena manfaatnya sangat banyak. Selain itu, jahe dapat menghasilkan energi untuk tubuh kamu. Jahe memiliki efek yang sama seperti yang ditimbulkan kafein yaitu sebagai stimilan.
University of Maryland Centerpernah merekomendasikan konsumsi jahe dalam sehari. Takarannya 2 sendok teh atau kurang lebih sekitar 4 gram saja.
Untuk wanita yang sedang hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi jahe. Meski masih ngotot ingin mengonsumsi jahe maka takarannya kurang dari 1 gram dalam sehari. Seorang yang mengonsumsi jahe akan dapat meningkatkan energi sehingga kamu lebih bersemangat dalam beraktivitas.
Manfaat dan khasiat jahe lainnya adalah dapat mengecilkan perut. Untuk mendapatkan manfaat dari jahe untuk mengecilkan perut, kamu bisa menambahkan jahe dengan madu dan lemon.
Untuk membuat ramuannya, sebelumnya kamu mesti panaskan 4 gelas air. Masukkan jahe yang sudah dibersihkan dari kulitnya. Kemudian tunggu hingga mendidih. Setelah itu masukkan perasan lemon dan 1 sendok madu.
Konsumsi ramuan itu sehari 2 kali. Setelah kamu mengonsumsi minuman itu perutmu akan terasa hangat. Lakukan hal itu secara rutin dan perhatikan bentuk perutmu yang mengecil.
Siapkan 1 cangkir air sekitar 200 ml, 30 gram jahe yang dipotong selebar jari, perasan dari setengah lemon dan 1 sendok makan madu. Panaskan secangkir air dalam ketel atau teko yang terbuat dari tembaga atau tanah liat. Biasanya teko yang terbuat dari aluminium atau logam nggak dapat melindungi sifat obat tanaman tertentu. Sehingga jika mungkin kamu harus menghindari menggunakan teko dari bahan tersebut.
Tambahkan jahe ke dalam ketel dan didihkan selama 20 menit. Setelah selesai, matikan api dan biarkan selama 10 menit. Tuangkan teh ini ke mug favoritmu dan tambahkan perasan setengah lemon. Aduk dan tambahkan 1 sendok makan madu.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari kandungan jahe, ada dua cara lainnya yang bisa kamu lakukan:
a. Membuatnya sebagai campuran teh. Caranya, seduh teh ke dalam air hangat. Campurkan jahe yang sudah diiris dan bubuhkan gula merah. Setelah itu, aduk rata. Pada hari pertama diet, minumlah teh jahe sebelum atau setelah sarapan. Sedangkan, pada makan siang dan malam, konsumsilah teh jahe pada saat makan. Untuk hari kedua hingga ketujuh diet, hindari makanan yang diproses dengan cara menggoreng. Pilihlah makanan yang direbus dan usahakan untuk tidak makan empat jam sebelum tidur.
b. Menambahkan lemon dan madu dalam seduhan jahe. Caranya, kupas dan cuci jahe hingga bersih, kemudian masukkan ke dalam air. Rebus jahe hingga mendidih. Bubuhkan perasan lemon dan satu sendok makan madu. Aduk rata, kemudian angkat. Minumlah selagi hangat 2 gelas sehari.
Cara ini memamfaatkan parutan jahe sebagai obat oles dari luar. Adapun langkahnya sebagai berikut:
*.Ambil 2 ruas jahe berukuran sedang.
*.Kupas, cuci lalu parut.
*.Tambahkan sedikit minyak goreng atau lebih bagus pakai minyak zaitun.
*.Oleskan pada perut secara merata, diamkan selama 20 menit sampai meresap.
*.Kemudian bersihkan dengan handuk yang basah.Gunakan obat oles jahe 2 kali setiap hari selama 20 menit. Manfaat jahe sebagai obat oles adalah menghancurkan lemak dari luar dan mengeluarkannya melalui keringat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s