Bos Facebook Punya Asisten Virtual Ala Jarvis di Iron Man

url img

Apa yang dilakukan bos Facebook, Mark Zuckerberg, di waktu luangnya? Ternyata tak jauh-jauh dari urusan program komputer.

Zuckerberg mengungkapkan, sepanjang 2016, dia sudah menghabiskan 100 jam waktu senggangnya untuk membuat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang ia pakai di rumahnya. Ia menamakan AI itu Jarvis karena terilhami oleh asisten virtual yang diciptakan oleh Tony Stark dalam filmIron Man.

“Tujuan saya adalah mempelajari kondisi kecerdasan buatan demi mengetahui hal-hal yang belum banyak terungkap,” kata Zuckerberg. “Hal seperti ini membuat selalu membuat saya mampu mempelajari lebih banyak dari yang saya duga. Termasuk yang satu ini juga mampu memberi saya pengertian lebih dalam tentang teknologi yang melatarbelakangi Facebook, terutama untuk diterapkan dalam otomatisasi di rumah.”

Dengan menggunakan AI itu, Zuckerberg mampu berinteraksi dengan alat-alat di rumahnya dengan memanfaatkan Facebook Messenger. Jarvis diprogram untuk mengenali kegemaran serta pola-pola dalam kehidupan dia dan keluarganya, termasuk dalam mengatur pencahayaan, temperatur, pemakaian peralatan rumah tangga, serta pemilihan musik. Ia juga mengajari Jarvis kata-kata baru untuk berinteraksi dengan putrinya, Max.
Karena terlalu terikat dengan urusan domestik, ia menekankan bahwa AI tak mungkin dirilis ke publik. “Tapi ini bisa menjadi landasan bagus untuk menciptakan sebuah produk baru,” kata Zuckerberg.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s