Perbedaan Kepribadian dari Pengguna iPhone dan Android

url img

Pilihan telepon genggam yang kita gunakan bisa mengungkapkan banyak hal mengenai kepribadian kita. Berdasarkan sebuah penelitian terbaru, mereka yang memilih telepon genggam Android cenderung lebih jujur dan rendah hati daripada yang memakai iPhones.

Sementara para pengguna iPhone lebih cenderung terbuka dan memandang telepon genggam mereka sebagai obyek status.
Sekelompok peneliti dari University of Lincoln dan Lancaster University melakukan penelitian terhadap ratusan orang dan hubungannya dengan telepon genggam mereka.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para pengguna Android kebanyakan berusia lebih tua, lelaki, lebih jujur, dan penurut sehingga kecil kemungkinan mereka melanggar aturan untuk kepentingan sendiri. Mereka juga tak terlalu mementingkan kekayaan dan status sosial.

Sebaliknya, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengguna iPhone kebanyakan berusia lebih muda, perempuan dan kurang tertarik memiliki benda-benda yang dimiliki kebanyakan orang.
Ini merupakan penelitian pertama yang menunjukkan hubungan antara kepribadian seseorang dan jenis telepon genggam yang mereka pilih.
”Meski sangat sama dari segi fungsi, promosi pemasaran belakangan ini meyakini adanya perbedaan individu mendasat antara para pengguna kedua telepon genggam ini,” demikian ditulis Dr Ellis dan para koleganya dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Cyberpsychology, Behaviour, dan Social Networking.
“Tapi, semua itu tidak pernah diteliti secara empiris.”

Para peneliti tersebut memberikan kuasioner kepada 500 orang yang berisi sejumlah pertanyaan seputar diri mereka dan sikap mereka terhadap telepon genggam yang mereka miliki.

Dalam sebuah penelitian, para psikolog membangun sebuah program komputer yang bisa memprediksi jenis telepon genggam apa yang dimiliki seseorang berdasarkan perbedaan antara pengguna iPhone dan Android.
“Perbedaan mendasar dalam kepribadian juga diamati di mana para pengguna iPhone menunjukkan tingkat kejujuran yang lebih rendah dan tingkat emosionalitas yang lebih tinggi,” tulis para peneliti itu.
Ini penelitian pertama yang menunjukkan sifat-sifat seseorang bisa diprediksi berdasarkan jenis telepon genggam yang mereka pilih.
“Belakangan semakin kentara bahwa telepon genggam telah menjadi versi digital mini dari penggunanya,” kata Heather Shaw dari University of Lincoln.
“Kebanyakan dari kita tak suka jika ada orang lain yang ingin memakai telepon genggam milik kita karena alat itu bisa mengungkapkan banyak hal mengenai diri kita.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s