Terbaru:Objek Paling Bulat di Alam Semesta

url img

Washington DC- Kepler 11145123 adalah bintang jauh yang berputar perlahan-lahan dan ukurannya lebih dari dua kali ukuran Matahari.

Para peneliti mampu menunjukkan bahwa perbedaan antara radius yang diukur pada garis khatulistiwa dan radius yang diukur pada kutub bintang itu hanya 3 km.
“Hal ini membuat Kepler 11145123 sebagai obyek alam paling bulat yang pernah diukur,” kata pemimpin penulis Prof Laurent Gizon, sebagaimana dikutip BBC, Kamis, 17 November 2016 lalu. Prof Gizon menambahkan bahwa obyek itu “bahkan lebih bulat dari Matahari”.
Prof Gizon, dari Max Planck Institute for Solar System Research (MPS), dan rekan-rekannya menggunakan teknik yang disebut asteroseismology – studi tentang bagaimana bintang berdenyut atau berosilasi.

Teleskop ruang angkasa milik Nasa, Kepler, mengamati osilasi bintang itu secara terus-menerus selama lebih dari empat tahun.

Ekspansi dan kontraksi periodik dari Kepler 11145123 bisa diperoleh dari fluktuasi kecerahannya. Dan dari data tersebut, astronom mampu mengekstrak informasi tentang bentuknya.

Dengan menggunakan metode ini, Prof Gizon dan rekan-rekannya menemukan bahwa bintang itu berotasi lebih cepat di permukaan daripada di inti, yang berkontribusi terhadap pembulatan tak terduga terhadap bentuknya.
Perbedaan dari 3 km, antara jari-jari kutub dan khatulistiwa, sangat kecil dibandingkan dengan radius rata-rata bintang ini, yaitu 1,5 juta km.
Para penulis mengatakan bahwa distorsi ini mungkin disebabkan oleh faktor-faktor lain selain rotasi semata. Mereka menyatakan bahwa medan magnet yang lemah mengelilingi bintang, membuat bintang itu tampak lebih bulat.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Science Advances.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s