Wah Dokter ini Tanam Telinga Pasien di Lengan

url img

Ji, seorang pria asal Tiongkok mengalami nasib yang naas. Selain menderita kerusakan wajah, Ji juga harus kehilangan daun telinga kanannya pasca kecelakaan yang dialaminya satu tahun lalu.

Dilansir Dailymail kini Ji mempunyai harapan kembali. Pasalnya, seorang dokter ahli bedah plastik bernama Guo Shuzhong di Rumah Sakit Xi’an Jiaotong telah membuatkan daun telinga artificial atau buatan untuknya.

Pembuatan daun telinga buatan ini memiliki beberapa tahapan. Tahapan pertama yakni mengambil jaringan lemak yang berasal dari lengan kanan Ji. Langkah kedua yaitu pengambilan tulang rawan dari tulang rusuk Ji. Hal ini untuk memberi bentuk pada daun telinga. Dokter Guo lantas membuat daun telinga buatan yang berasal dari tubuh pasiennya itu. Bagian ini merupakan hal tersulit karena harus menyesuaikan dengan struktur anatomi telinga.
Daun telinga buatan ini harus ditanam di bagian lain dari tubuh pasien terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan jaringan sampai sempurna. Saat itu, bagian yang dipilih adalah lengan kanan Ji.

url img

artificial tumbuh sempurna, daun telinga buatan itu baru dapat ditranplantasikan. Ji harus bersabar dalam waktu 3-4 bulan untuk memiliki daun telinga baru.
Guo Shuzhong tidak hanya terkenal sebagai dokter ahli bedah plastik. Prestasinya terbilang membanggakan. Ia adalah dokter yang melakukan transplantasi wajah pertama di Tiongkok pada tahun 2006.
Dokter Guo mengatakan operasinya pada Ji terbilang sukses. Ia bangga dengan apa yang telah dilakukannya tersebut.
“Ini adalah operasi tersukses diseluruh dunia,” kata Dokter Guo. “Aku sangat percaya diri karena ini.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s