Miliuner Sumbang Pulau dan Kamar Hotel Gratis Buat Pengungsi Suriah

url img

Kebaikan hati miliuner asal Norwegia ini patut diacungi jempol. Pasalnya, dia menyediakan kamar hotel gratis selama 5.000 malam atau sekitar 14 tahun untuk para pengungsi dari Timur Tengah. Setidaknya, dalam seminggu terakhir, 50 pengungsi sudah mengambil 35 kamar hotel tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Orang kaya Norwegia tersebut adalah Petter Stordalen. Petter merupakan pengusaha kaya yang menguasai banyak jaringan hotel. Dia berharap, dengan menyediakan kamar hotel gratis selama 5.000 malam bisa membantu meringankan beban pengungsi.

“Dunia kini sedang menghadapi krisis kemanusiaan terbesar sejak perang dunia ke II. Tidak mungkin kalau tidak ada efek dengan apa yang terjadi di Timur Tengah saat ini,” ucap Petter seperti dilansir dari Forbes di Jakara, Sabtu (11/9).
Kekayaan Petter saat ini mencapai USD 1,5 miliar dan dia juga menguasai jaringan hotel terbesar di Skandinavia, Nordic Choice Hotels.
Dia mengatakan, ide untuk memberi penginapan gratis bagi para pengungsi didapat sejak April lalu ketika dia diwawancara oleh salah satu saluran berita Norwegia mengenai krisis pengungsi di Eropa. Kini, rencana itu terwujud karena satu hal.
“Pekan lalu tawaran itu menjadi relevan ketika tiba-tiba direktur imigrasi menelepon saya dan mengatakan bahwa mereka kesulitan menyediakan tempat tidur untuk 50 pengungsi pada malam itu. Pengungsi tersebut baru saja tiba dari Suriah,” katanya.

Ketika ditanya, apakah Petter tidak takut jika nanti hotelnya disusupi ISI?, Petter menjawab singkat.
“Staf hotel saya sudah bekerja sama dengan polisi dan alasan seperti itu tidak akan menghentikan saya membantu pengungsi yang membutuhkan tempat tidur. Mereka tidak boleh tidur di jalan-jalan,” jawabnya.
Petter menyebut, biasanya pengungsi datang ke hotelnya pada malam hari dan langsung ditawari makan. Selanjutnya pengungsi akan diantar ke kamar mereka seperti tamu biasa.
Ternyata tidak hanya Petter, miliuner asal Mesir malah akan menyediakan pulau gratis untuk pengungsi.

Melalui akun media sosial Twitter orang kaya mesir bernama Naguib Sawiris menyatakan ingin membeli sebuah pulau di Italia atau Yunani untuk menampung para pengungsi.

“Yunani atau Italia, juallah satu pulau kepada saya. Saya akan menyebutnya kebebasan dan menampung para imigran serta menyediakan lapangan kerja bagi mereka untuk membangun negara baru,” kata dia, seperti dilansir Russia Today, Sabtu (5/9).
Sawiris mengatakan tawaran bukan cuma omong kosong belaka. Dia menegaskan sudah siap mengajukan proposal pengajuan pembelian pulau itu ke Roma atau Athena.
“Kalian punya puluhan pulau yang tidak dihuni dan itu bisa menampung ratusan ribu pengungsi,” kata Sawiris kepada kantor beritaAFP.
Menurut pria tajir asal Negeri Piramida itu dia menaksir harga sebuah pulau berkisar Rp 140 miliar hingga Rp 1,4 triliun.
“Di sana nanti akan ada penampungan sementara. Setelah itu mereka akan bekerja untuk membangun rumah, sekolah, kampus, rumah sakit. Jika situasi sudah membaik maka kalau mereka mau kembali ke negaranya silakan saja,” jelas Sawiris.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s