Nantikan Supermoon Terbesar 14 November

url img

Fenomena Supermoonterbesar akan dapat kita saksikan pada 14 November nanti. Fenomena alam yang hanya terjadi dalam jarak 70 tahun ini akan menghiasi langit malam dan dapat disaksikan dengan mata telanjang.
Meski Supermoon bukan peristiwa yang langka karena terjadi satu kali setiap 13 bulan sekali, namun ini adalah momen yang spesial. Menurut astronom Bob Berman, fenomena ini menjadi spesial karena posisi bulan yang sangat dekat dengan bumi sejak 26 Januari 1948 lalu. Supermoon lain baru akan tampak sebesar ini pada 25 November 2034.

Dalam sebuah pernyataan, pihak NASA mengatakan bahwa dekatnya jarak bulan bisa terlihat 14 persen lebih besar daripada biasanya. Bahkan 30 persen lebih cerah di langit.
Bulan purnama 14 November ini disebut juga dengan Beaver Moon. Untuk mendapatkan pemandangan Supermoon terbaik, hindari polusi cahaya karena kecerahan lampu kota dan awan dapat menghalangi cahaya bulan.

Sementara itu, tahun ini fenomena Supermoon sendiri terjadi pada Oktober, November dan Desember. Saat purnama terjadi, posisi bulan akan berada di jarak terdekatnya dengan bumi. Pada Supermoon 13 Desember mendatang, purnama tidak akan seterang bulan ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s