Spesifikasi dan Kualitas Samsung Galaxy J3(2016)

url img

Tahun ini Samsung gencar melakukan promosi untuk telepon seluler kelas premiumnya, Galaxy S7 dan Galaxy Note 7. Tapi tidak dengan rangkaian seri Galaxy kelas menengah, salah satunya adalah Galaxy J3.

Dibanderol di kisaran harga Rp 2,2 juta, Galaxy J3 meluncur tanpa gembar-gembor. Meski begitu, ponsel dengan dua kartu SIM ini tergolong cukup tangguh di kelasnya.
Dalam dua pekan terakhir Tempo mendapat kesempatan untuk mencoba ponsel pintar yang berjalan dengan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop ini. Apakah ponsel ini layak untuk dimiliki?

DESAIN

Sejak melepas Galaxy Alpha ke pasar pada 2014, Samsung mencoba untuk mengubah tampilan jajaran produknya agar terlihat premium dan lebih berkelas. Usaha itu dapat dilihat dalam jajaran seri A dan S7.
Sayangnya, tak begitu dengan J3. Tampilan ponsel ini malah seperti kembali ke zaman awal Samsung mulai berkibar. Padahal, ponsel keluaran baru rata-rata sudah mengusung konsep bodi metal.
Bahan plastik solid berwaran perak pada sekeliling bodi Galaxy J3 mengingatkan kita pada Galaxy S6. Penutup baterai bagian belakang juga terbuat dari bahan plastik, mirip seri Samsung keluaran 2012.
Sedangkan di bagian depan,bezel berwarna hitam di tepian kaca display terasa kurang pas dengan desain J3. Namun secara keseluruhan desain Galaxy J3 cukup berkelas untuk ponsel kelas menengah.

LAYAR

Luas layar Galaxy J3 adalah 5 inci dengan resolusi 720 piksel HD Super AMOLED. Berbeda dengan desain yang terdapat kekurangan di sana-sini, layar ponsel Galaxy J3 patut diacungi jempol.
Warna yang ditampilkan terlihat sangat hidup, begitu juga dengan distorsi kontras dan kecerahannya. Selain itu, sudut pandang juga sangat luas berkat pemakaian teknologiin-plane switchingatau IPS.
Meski tak dilengkapi dengan penyesuaian kecerahaan secara otomatis, namun saat ponsel dibawa ke luar ruangan layar masih tetap terlihat jelas. Ini berkat adanya outdoor mode yang dapat dengan mudah disetel secara manual.

SISTEM OPERASI

Meski diluncurkan pada 2016, namun sistem operasi Galaxy J3 masih menggunakan Android 5.1.1 Lollipop. OS itu lebih untuk disesuaikan dengan TouchWiz bikinan Samsung.
Seperti pada ponsel pintar Samsung lainnya, pada Galaxy J3 juga terdapat dua toko aplikasi, yakni Google Play Store dan Samsung App Store sehingga jumlah aplikasi yang ada jauh lebih banyak.

PERFORMA

Di bagian dalam Galaxy J3 terdapat prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410,quad-core1.2 GHz, dan total RAM 1,5 gigabita. Sedangkan untuk urusan grafis dipercayakan pada prosesor Adreno 306.
Untuk menyimpan data, foto, atau video tersedia memori internal sebesar 16 gigabita. Jika dirasa terlalu kecil, memori bisa ditambah hingga 128 gigabita berkat adanya slot micro-SD.
Di bagian belakang terdapat baterai sebesar 2.600 mAh yang membuat ponsel dapat bertahan selama satu hari penuh untuk pemakaian normal dan sekali pengisian. Sedangkan untuk memutar video, baterai mampu bertahan selama sekitar 12 jam.

KAMERA

Kamera utama Samsung Galaxy J3 adalah 5 megapiksel dengan fitur autofocus dan dilengkapi dengan lampu LED. Gambar yang dihasilkan cukup bagus untuk segala kondisi, kecuali tentu pada kondisi minim cahaya. Terlalu banyaknoiseyang timbul jika tak memakai lapu kilat.
Untuk pemakaian di luar ruangan, gambar yang dihasilkan sangat memuaskan. Detail foto terlihat begitu jelas meski berada dalam modemacro. Modehigh-dynamic-range(HDR) membuat foto yang dihasilkan lebih tajam.
Di bagian depan terdapat kamera berkuatan 2 megapiksel dengan lensawide angleplus kemampuan merekam video 720p high definition. Video yang dihasilkan cukup baik berkat adanya pengaturan kontras secara otomatis.

KESIMPULAN

Teknologi yang diusung Samsung Galaxy J3 bukanlah yang terbaik, begitu juga tampilan desainnya. Meski begitu ponsel kelas menangah ini mampu menyajikan fitur lengkap di kelasnya.
Galaxy J3 cocok untuk Anda yang senang mendengarkan musik atau video berkat layar seluas 5 inci yang mampu menyajikan warna hidup. Selain itu, tersedianyaslot micro-SD dan daya tahan baterai yang lama menjadi nilai positif tambahan.
Dijual di kisaaran harga Rp 2,2 juta, Samsung Galaxy J3 mampu bersaing dengan ponsel di kelasnya bahkan satu kelas di atasnya.

NILAI PLUS

Layar cerah dan hidup
Daya tahan baterai lama
Didukung jaringan 4G
NILAI MINUS
Desain biasa saja
Memori internal kecil
Performa rata-rata

SPESIFIKASI

Sistem operasi: Android 5.1.1 Lollipop
Jaringan: GSM / HSPA / LTE
Kartu SIM: Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen 16 juta warna
Ukuran layar: 5 inci (720 x 1280 piksels), Multitouch
Prosesor: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410,Quad-core1.2 GHz
GPU: Adreno 306
RAM: 1.5 GB
Memori internal: 16 GB,slot micro-SD (hingga 128 GB)
Kamera utama: 5 MP,autofocus, LEDflash
Kamera depan: 2 MP
Video: 720p@30fps
Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth: v4.1, A2DP
Port USB:Micro-USB v2.0, USBOn-The-Go
Baterai: Li-Ion 2600 mAh
Berat: 137 gram

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s