Cara-cara Meredakan Gusi Berdarah

url img

Gusi merupakan sebuah jaringan yang berada di dalam mulut yang memiliki warna pink. Hal ini disebabkan karena adanya banyak sekali pembuluh darah di dalamnya. Fungsi dari gusi itu sendiri adalah untuk membungkus tulang rahang bagian atas maupun bawah.
Gusi merupakan bagian dari mulut yang menempel pada gigi. Hal inilah yang menyebabkan apa yang terjadi pada gigi juga memberikan dampak pada gusi. Salah satu gangguan yang terjadi pada gusi adalah terjadinya pembengkakan pada bagian tersebut. Ini merupakan salah satu gangguan mulut yang sangat menyiksa dan tentu saja akan membuat penderitanya mengeluh tidak nyaman.
Lalu bagaimana caranya mengurangi sakit karena gusi berdarah?

Berikut kiat mudah redakan sakit gusi berdarah:

Pahami Nutrisi yang Tepat

Ini adalah langkah yang paling penting untuk menyembuhkan segala jenis gangguan kesehatan. Tak terkecuali gusi bengkak. Nutrisi yang tepat seperti kalsium, vitamin C, D dan asam folat membantu anda untuk menghindari kondisi gusi bengkak. Lemon, jeruk, nanas dan stroberi memiliki vitamin C, produk susu, ikan, susu kedelai memiliki kalsium. Sayuran hijau memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Kompres dengan Air Hangat maupun Dingin

Kompres hangat dan dingin bisa berguna karena mengurangi rasa sakit dan berpengaruh pada pembengkakan gusi. Namun, sebagai catatan hati-hati, kompres pada wajah dan tidak langsung pada gusi.

Kumur Air Garam

Garam mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan menjamin kesehatan mulut yang baik. Gosok gusi dengan garam lembut setelah menyikat gigi dan bilas dengan air hangat segera setelahnya. Lakukan tiga kali dalam seminggu. Anda juga dapat menambahkan sejumput garam ke dalam segelas air hangat dan bilas mulut anda dua kali sehari.

Lidah Buaya

Lidah buaya bagus untuk gusi bengkak. Lidah buaya memiliki manfaat anti inflamasi dan anti bakteri yang baik untuk masalah gusi meradang. Aplikasikan dan pijat lembut gel lidah buaya pada gusi. Bilas dengan air hangat. Lakukan ini selama beberapa kali sehari.

Kunyit

Kunyit memiliki kurkumin yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gusi. Hal ini juga mencegah penyebaran infeksi bakteri. Buatlah pasta dari kunyit dan air dan aplikasikan pada gusi dengan jari. Pijat dengan lembut dan bilas dengan air hangat.

Kantong Teh Hitam

Tanin dalam kantong teh hitam dapat menenangkan peradangan gusi. Aplikasikan pada gusi setelah direndam dalam air hangat. Cuci mulut anda dengan air garam yang hangat. Lakukan ini dua kali sehari.

Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida adalah antiseptik yang menyembuhkan nyeri gusi. Jangan menggunakan lebih dari tiga persen larutan hidrogen peroksida untuk penggunaan oral.

Jahe

Buat pasta dari jahe dan garam. Aplikasikan langsung ke daerah yang terkena di mulut anda.

Minyak Cengkeh

Campur minyak cengkeh dengan lada hitam dan aplikasikan pada gusi bengkak. Minyak cengkeh dapat langsung diterapkan pada pembengkakan.

Rawat Daerah Mulut

Rajinlah sikat gigi untuk menghindari bakteri dalam mulut. Hindari minuman yang sangat panas dan dingin. Pahami pergantian alat yang berkaitan dengan mulut seperti sikat gigi agar menghindarkan dari gusi bengkak.

Gusi bengkak mungkin bukan masalah yang besar. Namun dapat mengganggu proses makan. Hal itu tentu mengganjal apalagi bila anda menikmati makanan yang dingin atau panas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s