Fakta di Balik Harus Minum Air 8 Gelas Sehari

url img

Umumnya, kita semua sangat disarankan untuk minum air putih cukup setiap harinya. Hal ini agar tubuh kita bisa selalu sehat dan bugar. Konsumsi air putih cukup dikatakan setidaknya yakni 8 gelas dalam sehari.
Tapi, apakah benar kita sangat perlu minum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari?

Dikutip dari laman asiantown.net, ada fakta mengejutkan dan di luar dugaan mengenai berapa banyak sebaiknya kita minum air putih setiap harinya.
Dokter dan ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa selama kebutuhan cairan dalam tubuh telah tercukupi dengan baik, kita tidak harus minum 8 gelas air dalam sehari. Sebenarnya banyak makanan yang telah mengandung air dan ini bisa menjadi pengganti air putih. Makanan yang mengandung air tersebut antara lain adalah sayur dan buah. Selama kita telah makan sayur dan buah serta makanan lain yang mengandung cairan cukup, usahakan untuk minum air putih secukupnya dan jangan memaksakan untuk minum sebanyak 8 gelas dalam sehari.

Para ilmuwan mengungkapkan jika minum air putih berlebih justru bisa mengakibatkan tubuh mengalami keracunan. Kelebihan konsumsi air putih bahkan dipercaya bisa meningkatkan risiko kerusakan otak dan kerusakan sistem aliran darah dalam tubuh. Tak hanya itu saja, terlalu banyak minum air putih juga dikatakan menyebabkan terhambatnya kemampuan tubuh untuk menyingkirkan limbah.
Biasanya, kita akan berpikir bahwa dengan minum banyak air putih dan lebih sering buang air kecil, hal ini akan membuat limbah yang terdapat dalam tubuh lebih mudah dibuang. Tapi jangan salah, dengan terlalu sering buang air kecil ini justru bisa membuat organ ginjal bekerja lebih keras. Dan saat organ ginjal bekerja lebih keras, ini akan menyebabkan darah yang ada di tubuh pun akan semakin banyak yang dibersihkan. Tidak jarang, kondisi ini menyebabkan kinerja ginjal serta organ tubuh lainnya tidak bekerja secara maksimal.

Dokter Farrel dari Prosiding National Academy of Sciences mengungkapkan bahwa seseorang harus konsumsi air putih secukupnya saja. Cukup di sini adalah tidak boleh berlebih dan tidak boleh kurang. Lantas, berapa banyak air yang dikatakan cukup tersebut? Para ahli mengungkapkan bahwa setiap orang membutuhkan air 0.03 liter per kg dari berat badan. Jadi, jika seseorang memiliki berat badan 50 kg, ia tak boleh konsumsi air putih lebih dari 1,5 liter setiap harinya.
Semoga informasi ini bermanfaat dan kita semua bisa mencukupi kebutuhan air dalam tubuh secara tepat dan benar dalam arti tidak berlebih dan tidak kurang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s