Hal-hal yang Harus di Perhatikan Saat Posting Foto Anak di Medsos

url img

Di era di mana segala sesuatunya bisa diunggah, disebarkan, dan bagi di media sosial, berbagai informasi bisa kita dapat dengan mudah. Hal-hal yang tadinya bersifat pribadi bisa jadi konsumsi publik dalam hitungan detik. Dan situasi ini bisa memberi efek negatif tersendiri, khususnya ketika kita akan posting foto anak di media sosial.

Kita harus lebih hati-hati lagi saat posting foto anak di media sosial. Jangan sampai ceroboh hingga berakibat fatal. Pastinya kita tak mau kan info soal anak kita diketahui orang lain yang berniat jahat? Penculik saat ini bisa melancarkan aksinya dengan mudah hanya dengan melihat akun media sosial.
Agar hati lebih tenang dan menghindari hal-hal yang tak diinginkan, ini rambu-rambu yang perlu diikuti bila ingin posting foto anak-anak di media sosial.

1.Jangan Menampilkan Info Lokasi/Tempat Foto Diambil

Apakah itu sekolah, lokasi wisata, atau taman bermain, sebaiknya info lokasi atau tempat foto diambil tak ditampilkan. Penjahat atau penculik bisa memanfaatkannya untuk kepentingan pribadinya. Mereka pun jadi tahu tempat-tempat yang biasa dikunjungi anak dan memudahkan mereka melacak lokasinya.

2.Jangan Pamerkan Hobi Anak

Kalau ada orang yang tahu hobi atau kesukaan anak, ia bisa memanfaatkannya untuk menipu atau membujuk anak mau mengikutinya. Berbagai info soal identitas anak juga perlu dikurangi, mulai dari info dari yang ada di paspor, visa, atau dokumen lainnya.

3.Perhatikan Pakaian yang Dikenakan Anak Saat Dipotret

Sebisa mungkin potret anak dalam keadaan berpakaian lengkap. Meski masih kecil, bukan berarti kita bebas memotretnya dengan cuma pakai pakaian dalam atau baju terbuka.

4.Hindari Mengunggah Foto Anak Bersama Teman-Temannya

Sebelum mengunggah foto anak bersama teman-teman sekelasnya, coba cek apakah para orang tua yang lain berkenan foto anaknya kita unggah. Selain itu, hindari mengungkap identitas teman-temannya yang lain agar infonya tak disalahgunakan orang yang tak bertanggung jawab.

5.Atur Siapa Saja yang Bisa Melihat Foto Tersebut di Media Sosial

Ada baiknya untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat foto anak di media sosial. Untuk amannya memang diatur sesuai dengan lingkaran pertemanan yang memang sudah kita kenal dengan akrab. Jangan diatur “public” agar yang melihat foto tersebut terbatas pada beberapa orang saja.

Selain tips di atas, apakah punya tips lain saat mem-posting foto anak di media sosial? Tindak kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja, jadi kita perlu sangat hati-hati sekali untuk membagi foto dan informasi tentang orang terdekat kita, khususnya anak-anak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s