Hiu Ini Bercahaya dalam Air

url img

California – Dasar samudera yang gelap masih menyimpan rahasia tentang banyak makhluk laut misterius. Baru-baru ini, para peneliti di Amerika Serikat berhasil merekam gambar seekor ikan hiu yang mengeluarkan cahaya.

“Ini adalah spesies baru dari hiu lentera,” kata Vicky Vásquez, ketua tim peneliti dari Pacific Shark Research Center, California, Amerika Serikat, seperti dilansir dari Live Science.
Berbeda dengan hampir 40 spesies hiu lentera yang sudah ditemukan sebelumnya, hiu baru ini memiliki warna tubuh yang berbeda.

Biasanya, menurut Vásquez, hiu lentera berwarna abu-abu atau cokelat. Tapi spesies baru yang disebut Hiu Ninja ini memiliki tubuh hitam pekat.
Selain itu, persebaran photophores, organ kecil berbentuk seperti cangkir yang menghasilkan cahaya pada ikan, juga berbeda. Biasanya, hiu lentera memiliki organ ini di seluruh perut mereka. Tapi di hiu ninja, organ ini malah terpusat di bagian kepala.
“Jumlahnya juga lebih sedikit. Karena itu, Hiu Ninja tak bercahaya seterang saudaranya yang lain,” kata Vásquez.

Tim peneliti masih terus mengumpulkan data dari rekaman pengamatan di kedalaman 0,8 hingga 14 kilo meter Samudera Pasifik; tempat Hiu Ninja berkeliaran. Mereka hendak mengungkap fungsi dari cahaya hiu lentera.
Beberapa teori yang diajukan adalah cahaya yang bersumber dari perut akan menyamarkan bayangan hingga hiu-hiu ini bisa bersembunyi dari ikan yang berada di bawah mereka. Namun ada pula teori yang mengatakan cahaya ini berfungsi sama dengan ikan lentera: untuk memancing mangsa mendekati mereka.
“Tapi bisa juga sebagai upaya berkomunikasi antarmereka,” kata Vásquez.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s