Spanyol Berbagi Angka dengan Italia

url img

Turin- Spanyol boleh tampil dominan, tapi mereka hanya mendapatkan satu poin dari kandang Italia. Laga kedua kesebelasan berakhir dengan kedudukan 1-1.
Vitolo membawa Spanyol unggul lebih dulu, setelahnya Daniele De Rossi membawa Italia menyamakan kedudukan lewat tendangan penaltinya. Dengan hasil ini, Spanyol berada di posisi kedua Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona UEFA dengan nilai 4. Sementara itu, Italia berada di posisi ketiga, juga dengan koleksi nilai 4.
Pada pertandingan yang berlangsung di Juventus Stadium, Jumat (7/10/2016) dini hari WIB, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan sejak babak pertama.La Furia Rojatidak hanya memenangi penguasaan bola, tetapi pemain mereka juga rajin menekan pemain-pemain Italia ketika tidak sedang menguasai bola.
Sekitar 20 menit pertama pertandingan, para pemain Spanyol kerap memberikan tekanan kepada para pemain-pemain belakang Italia. Ditambah dengan jarak yang cukup lebar antara lini belakang dan lini tengah, ini membuat Italia kesulitan untuk mengembangkan permainan. Imbasnya,Gli Azzurrikerap melepaskan umpan panjang langsung ke depan.
Pada 20 menit pertaa itu, setidaknya ada dua peluang bagus yang didapatkan Spanyol. Yang pertama adalah lewat Andres Iniesta pada menit ke-11. Gelandang Barcelona itu melakukan tusukan dari tengah sebelum akhirnya melakukan operan satu-dua dengan David Silva. Setelah menerima operan kembali dari Silva, Iniesta melepaskan tendangan kaki kiri, namun tendangannya mengarah tepat ke tangkapan Gianluigi Buffon.
Peluang yang kedua didapatkan oleh Gerard Pique di menit ke-19. Bek tengah bernomor punggung 3 itu menyambut bola hasil umpan silang yang dilepaskan Iniesta dari kanan. Namun, sundulan Pique dari tiang jauh masih melebar.
Itu bukanlah pertama kalinya Pique mendapatkan peluang pada pertandingan ini. Enam menit setelah sundulannya melenceng, Pique kembali mendapatkan kans. Kali ini, dia melanjutkan sundulan dari Sergio Ramos dengan sundulan kembali. Tetapi, Buffon masih bisa menghentikannya.
Enam menit menjelang babak pertama selesai, gantian Diego Costa yang mengancam gawang Italia. Striker berdarah Brasil itu menerima operan dari Silva dan menyelesaikannya lewat tendangan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Hasilnya? Tendangannya melebar.
Spanyol baru bisa mencetak gol ke gawang Italia pada menit ke-55. Gol bermula dari umpan panjang yang dilepaskan oleh Sergio Busquets dari tengah lapangan. Umpan Busquets itu dikejar oleh Vitolo dan berniat untuk disapu oleh Buffon, yang maju meninggalkan gawangnya.
Namun, Buffon melakukan kesalahan. Ia gagal menyapu bola. Imbasnya, bola kemudian dikuasai oleh Vitolo dan kini gawang Italia tidak berpengawal. Vitolo dengan tenang melepaskan tendangan datar ke gawang yang sudah kosong.
Tidak lama setelah gol tersebut, Italia mendapatkan kans bagus via Graziano Pelle. Striker Shandong Luneng itu melepaskan sundulan dari dalam kotak penalti, namun sundulannya belum mengarah tepat sasaran.
Spanyol, yang masih mendominasi penguasaan bola, kesulitan untuk menembus pertahanan Italia setelah gol pertama tersebut. Sebaliknya, Italia terus mencari cara untuk bisa mencetak gol penyama kedudukan. Pelatih Italia, Giampiero Ventura, kemudian memasukkan Ciro Immobile pada menit ke-64 dan menarik keluar Pelle.
Sementara itu, pada menit ke-67, sempat terjadi insiden kecil. Costa, yang sudah terperangkapoffside, malah dengan sengaja menyepak bola keras-keras. Para pemain Italia, merasa itu adalah pelanggaran dan Costa layak mendapatkan kartu kuning. Masalahnya buat Spanyol, saat itu Costa sebelumnya sudah mendapatkan kartu kuning dan satu kartu lagi berarti ia harus meninggalkan lapangan. Beruntung buat Spanyol dan Costa, wasit hanya memberi peringatan.
Tepat setelah insiden kecil itu, Costa meninggalkan lapangan dan Alvaro Morata masuk ke lapangan. Spanyol kian agresif. Pada menit ke-68, mereka mendapatkan kans lewat sepakan Vitolo dari dalam kotak penalti. Namun, tendangan Vitolo melebar.
Di sisi lain, Italia berusaha menekan lewat serangan dari sayap. Beberapa kans mereka dapatkan dengan diawali oleh umpan dan operan dari sayap kanan. Tetapi, baru pada menit ke-82 mereka mendapatkan gol.
Wasit menunjuk titik putih setelah berdiskusi dengan hakim garis, menyusul pelanggaran yang dilakukan Sergio Ramos terhadap Eder. Para pemain Spanyol sempat memprotes keputusan tersebut. Namun, wasit tetap pada keputusannya. Daniele De Rossi maju menjadi algojo penalti dan sukses mengubah kedudukan menjadi 1-1.
Italia bertambah agresif setelah gol tersebut. Satu gol mereka bahkan sempat dianulir lantaran Andrea Belotti sudah berada dalam posisi offside. Satu peluang didapatkan Immobile pada menit ke-85, namun sepakannya melebar.
Tidak ada gol tambahan setelahnya. Laga berakhir dengan skor 1-1.

Susunan Pemain

Italia: Buffon, Barzagli, Bonucci, Romagnoli, De Sciglio, Florenzi, Parolo (Belotti 76), De Rossi, Montolivo (Bonaventura 30), Eder, Pelle (Immobile 60).

Spanyol: De Gea, Carvajal, Pique, Ramos, Jordi Alba (Nacho 22), Busquets, Iniesta, Koke, Silva, Vitolo (Thiago 83), Diego Costa (Morata 67).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s